Jilbab : antara trendi & syar’i

images

          Mode baju cewek emang mengalami perkembangan pesat. Mulai model, corak, ampe’ warnanya, gonta-ganti terus sepanjang tahun. Jangan salah, mode busana cewek muslimah pun berevolusi, lho! Buanyak bgt alternative modelnya, baik baju maupun kerudungnya. Ada yang bajunya ketat-ketat plus kerudung dililit-lilit ke leher dan ada yang kerudungnya cukup pake topi ala Hughes. Wah, bisa tampil modis nih!

          Sekarang modelnya makin minim dan semakin seksi. Anehnya, yang kayak gitu tuh malah dianggap trendi. Setelah zamannya midi, ganti era si mini. Bosan, ganti generasi tank top n baju ketat. Yup, kaya’ yang biasa dipake ma Agnes Monica atawa Sandhy Aulia gitu, dech.

          Sementara dalam ajaran Islam, pakaian bukan semata-mata masalah cultural, melainkan menjadi identitas diri sebagai muslim. Tuntunan berpakaian sebagai penutup jasmani bukan sekadar menunjukkan  tingkat peradaban manusia itu, melainkan juga dikaitkan dengan fungsinya. Utk menumbuhkan keindahan guna mendekatkan diri kepada Allah Rabbul Izzati.

          Busana dapat mempengaruhi terbitnya kesadaran dan ketaqwaan seseorang pada Allah SWT. Sehingga, dalam al-Qur’an akan kita temukan konsep libasuttaqwa / berpakaian taqwa. Sebagai sebaik-baiknya pakaian. (Al-A’raf) :26

          Khusus buwat cewek muslimah, busana tentunya bukan sekadar menutupi aurat. Ketika di dalam kehidupan khusus, yakni di rumahnya. Para cewek boleh berpakaian rmh / pakaian sehari-hari bahasa arabnya tsiyab / mihnah, seperti pakai kaos, kulot, daster, dll. Model ketat boleh-boleh aja. Tentu dengan catatan, di rumah nggak ada non muhurim, ya?

          Tapi, begitu keluar rumah alias berada di kehidupan umum, dia kudu memakai baju luar / jilbab plus kerudung. Jilbab adalah baju terusan yang terulur dari atas sampe ke dasar menutupi kaki. Syaratnya, harus longgar, nggak boleh ketat dan nggak juga  transparan.(Al-ahzab) :59

          Dalam kamus al-muhhiith disebutkan, Jilbab adalah pakaian panjang dan lebar yang menutupi pakaian wanita sehari-hari. So, kalopun pake kerudung, bajunya masih ketat, tetap belum bisa dikatakan berjilbab. So, jilbab nggak sama dengan kerudung. Untuk kerudung, Allah SWT memerintahkan cewek muslimah menutupkan kain kerudung / khimar. (An-Nur) :31

          Kerudung ini, menutupi kepala, kecuali wajah dan dijulurkan ampe ke arah baju, di bagian dada. Jadi, kerudung ini menutupi kepala hingga dada. Yes! Perfect deh!

          Model busana rancangan Allah SWT bersifat abadi, berlaku sepanjang zaman, dimanapun dan sesuai utk kondisi apapun. Jadi, nggak perlu pusing mikirin “model apa, ya, yg trendi taun ini? Model apa, ya yang cocok?” Percayalah, dengan mengenakan busana muslimah, para cewek dijamin tetap bisa tampil cantik, serasi, pe_de, serta nggsk tampil norak dimana pun dan kapan pun.

          Jadi, pakaian yang nyaman, maksudnya pakaian yang nggak bikin gerah, adem, nggak ngeganggu buwat beraktifitas, ‘n tentunya menambah pe_de. Aman, meksudnya nggak merusak kesehatan tubuh, misalnya kulit atawa rambut. Aman di sini juga, berarti terhindar dari melanggar aturan syara’. Bisa juga, berarti “aman” dari tangan-tangan jahil.

          Nah, untuk mendapatkan baju yang OK punya, dan aman, ada beberapa hal yg harus kamu perhatiin.

  1. bahan. buwat pakaian rumah, pake yang berbahan kaos, batik, ato katun. Tapi, bisa juga pake daster. Malah adem tuh! Kalo jilbab, bahan bisa lebih variatif asalkan nggak tipis ato malah transparan. Buwat kerudung, pilih yang adem biar nggak kepsnssen n rambut tetep sehat.
  2. model. Buwwt pakaian rumah, model bisa macem-macem asal nggak keliatan auratnya. Buwat jilbab, yang penting longgar. Buwat yang kurus, tambain ploi biar terkesan cantik. Ato buwat yang agak tambun, mending simple-simple aja lah. Kalo kerudung, pilih yang panjangnya ampe menutupi dada.
  3. corak. Buwat si kurus nan tinggi, pake aja corak yang besar-besar. Bisa bunga-bunga atawa kotak-kotak. Hindari corak garis vertikal karena bikin kesan kayak tiang listrik aja. Kalo yang rada ndut, pilih yang sedeng-sedeng aja. Jangan kecil-kecil, tapi juga jangan yang gede-gede, abstrak juga cocok. Hindari garis horizontal. Coz, bakal bikin kamu makin lebar ke samping. Untuk kerudungnya, hindari corak yang ramai.
  4. warna. Jangan sampe milih warna yang mencolok ! Baiknya, pilih warna pastel.
  5. harga. Belinya jangan mahal-mahal. Kalo bisa, nawar!!!

Guava? enak kah?

hmm.. segernya..

hmm.. segernya..

Jambu biji (Psidium guajava L) hanya populer ketika penyakit demam berdarah merebak. Padahal, buah yang kaya akan vitamin C ini memiliki banyak khasiat kesehatan yang belum banyak diketahui orang.

Jambu biji (Psidium guajava linn) berasal dari Amerika Tengah disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu biji sering disebut juga dengan jambu batu, jambu siki dan jambu klutuk. Jambu biji memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis.

Tanaman ini dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Umumnya ditanam di pekarangan dan di ladang-ladang. Pohon jambu biji merupakan tanaman perdu yang bercabang banyak, tingginya dapat mencapai 12 m. Besarnya buah bervariasi dari yang yang berdiameter 2,5 cm sampai dengan lebih dari 10 cm.

Makan satu jambu biji untuk sarapan memberikan dosis harian yang sangat dibutuhkan seperti zat besi, asam folat, kalsium, serat, protein, karbohidrat, vitamin A, B dan banyak vitamin C.  Kandungan lemak total satu jambu biji sekitar 0,9 gram atau 84 kalori. Dibandingkan dengan apel, buah ini memiliki 38 persen lemak dan 42 persen kalori yang lebih sedikit.

Berikut perbandingan nilai gizi antara Sirsak (Guanabana), Jambu Biji (Guava), Mango (Mangga) dan Asam Jawa (Tamarind) yang dikutip dari usda.gov:

Berikut ini 13 manfaat dari buah Jambu Biji :

1. Mencegah kanker
Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen. Likopen dalam jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Konsumsi likopen yang cukup sangat berpengaruh pada penurunan risiko kanker prostat pada pria. Semua jenis jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada jambu biji berdaging merah.

Riset-riset epidemologis likopen pada studi yang dilakukan peneliti Itali, mencakup 2.706 kasus kanker rongga mulut, tekek, kerongkongan, lambung, usus besar dan dubur, jika mengkonsumsi likopen yang meningkat, khususnya pada jambu biji yang daging buahnya berwarna merah, berbiji banyak dan berasa manis mempunyai efek memberikan perlindungan pada tubuh dari beberapa jenis kanker.

2. Menurunkan hipertensi
Jambu biji juga mengandung kalium yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat-zat gizi lainnya ke sel-sel tubuh, mengendalikan keseimbangan cairan pada jaringan dan sel tubuh.

Jambu biji adalah buah yang sebaiknya rutin dikonsumsi jika Anda ingin menghindar dari serangan jantung. Buah ini menjadi hipoglikemik di alam dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Selain itu, jambu biji berukuran sedang bisa mencukupi 20 persen kebutuhan harian tubuh akan potasium. Penelitian juga menunjukkan rutin mengonsumsi potasium bisa menurunkan tekanan darah.

3. Mengobati diare
Tanaman jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengunyah jambu biji. Selain itu daun jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C dan potasium. Jambu biji juga mengandung tannin, yang menimbulkan rasa sepat pada buah tetapi juga berfungsi memperlancar sistem pencernaan, sirkulasi darah, dan berguna untuk menyerang virus.

4. Batuk dan flu
Daun jambu biji yang dimakan mentah atau buah yang masih mentah yang dibuat jus dipercaya secara turun temurun sebagai obat mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat infeksi virus flu.

5. Merawat kulit
Kandungan astringet dalam jambu biji akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu jambu biji juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Karena di dalam jambu biji terdapat likopen yaitu zat non gizi potensial lain selain serat. Likopen adalah karatenoid (pigmen penting dalam tanaman) yang terdapat dalam darah (0,5 mol per liter darah) serta memiliki aktivitas anti oksidan.

Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

6. Mencegah sembelit
Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji efektif untuk mencegah sembelit atau konstipasi. Buah jambu biji ukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang direkomendasikan. Selain itu biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

7. DiabetesMenurut penelitian yang dilakukan pada tikus, baik buah dan daun jambu biji bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Jambu Biji juga meningkatkan produksi hormon Insulin. Insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk merubah gula dalam darah menjadi gula otot sehingga tidak ada kelebihan gula dalam darah.

8. Menurunkan berat badan
Buah ini memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, misalnya serat, protein dan vitamin. Buah ini juga membuat perut terasa lebih kenyang. Jambu biji berukuran sedang yang diasup saat makan siang sudah cukup untuk mengganjal perut sampai makan malam.

9. Sariawan
Vitamin C yang terkandung dalam jambu biji empat kali lebih tinggi dibanding dengan vitamin C yang terdapat dalam jeruk. Selain itu, buah ini juga menjadi obat yang ampuh untuk sariawan (Chanker Sores, Ulkus Aftosa), penyakit yang ditandai dengan gusi bengkak dan berdarah.

10. Merawat gigi
Konsumsi jus jambu biji untuk merawat gusi, mengatasi gusi bengkak dan berdarah.

11. Menurunkan kolesterol
Jambu biji memiliki kandungan pektin yang merupakan serat larut air. Dengan adanya pektin, manfaat jambu biji juga dapat menurunkan kolesterol.

12. Mengobati infertilitas pria
Satu jambu biji memiliki 165 miligram (mg) vitamin C. Sementara, satu jeruk hanya mengandung 69 mg saja. Kandungan vitamin C pada jambu biji ini efektif dalam mengobati infertilitas pria.

13. Membantu Mengatasi Deman Berdarah
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji ternyata dapat menghambat pertumbuhan virus dengue penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Ekstrak daun jambu biji juga dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Trombosit ini jumlahnya akan menurun sangat drastis pada penderita DBD sehingga mudah terjadi pendarahan. Pengujian lebih lanjut juga membuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji ini tidak bersifat racun sama sekali (aman untuk dikonsumsi).

Untuk mengobati demam berdarah, biasanya orang mengonsumsi jusnya. Hal tersebut sebenarnya kurang efektif karena sifatnya hanya untuk mengatasi kehilangan cairan plasma akibat peningkatan permeabilitas pembuluh darah kapiler.

“Jambu merah hanya untuk meningkatkan daya tubuh,” kata Dian Afianti, dokter di Rumah Sakit Roemani, Semarang, Jawa Tengah.

Jadi bila anda menderita demam berdarah sebaiknya pengobatan medis tetap diperlukan. Lebih penting lagi sebaiknya cegah demam berdarah dengan menjaga kebersihan lingkungan serta memberantas sarang nyamuk dan jentik-jentiknya.

~ Wallohu a’lam ~

ALERGI : Gejala apa?

Apakah kalian pernah terserang alergi?

Atau bahkan sudah sering dan menjadi sebuah rutinitas?

gambar bagian tubuh yan terserang alergi

gambar bagian tubuh yang terserang alergi

Waduh.. Sebenarnya, apa sih alergi itu? Apa yang menyebabkan tubuh kita timbul bintik-bintik merah dan terasa gatal sekali?

Sebenarnya, alergi disebabkan oleh peolebaran pembuluh darah di dalam tubuh kita. Mekanisme alergi pada tubuh kita, yaitu :

Tubuh mengeluarkan zat kimia yang bernama ‘histamin‘. Histamin adalah senyawa jenis amin yang terlibat dalam respon imun lokal, selain itu senyawa ini juga berperan dalam pengaturan fungsi fisiologis di lambung dan sebagai neurotransmitter. Histamin juga memicu respon peradangan.

Kemudian, zat inilah yang mnyebabkan munculnya bintik-bintik merah di permukaan kulit kita. Ketika histamin beredar dalam tubuh (sel kulit dan kapiler kulit), sel endotel akan memicu reaksi peradangan atau inflamasi, dengan kebocoran cairan kapiler yang kemudian menyebabkan rasa gatal pada kulit.

Namun, dibalik bintik-bintik merah dan rasa gatal itu, alergi sebenarnya mencoba memberitahu kita akan sebuah pesan penting. Pesan tersebut tidak lain adalah warning system di dalam tubuh kita. Ia mengindikasikan adanya hal-hal buruk misalnya patogen yang sedang mengancam imun kita.

Ketika tubuh kita menerima sinyal-sinyal adanya patogen, maka tubuh akan memproduksi histamin di dalam basofil dan sel mast. dengan adanya histamin, maka terjadi peningkatan permeabilitas kapiler-kapiler terhadap sel darah putih dan protein lainnya. Hal ini akan mempermudah sel darah putih dalam memerangi infeksi di jaringan tersebut.

Jadi, jika kita terserang alergi, jangan sepelekan. Segeralah periksakan ke dokter atau puskesmas terdekat. Agar timbulnya penyakit dapat diberantas sesegera mungkin.

Sudahkah kita bersyukur?

images

Hingga detik ini, saya yakin banyak diantara kita yang jauh dari kata kekurangan. Meskipun mungkin dengan status kita ini sebagai mahasiswa, yang identik dengan ngekost, jauh dari bapak ibu, apapun serba ngirit, tapi sadarilah bahwa kita tak pernah merasa kekurangan. Bapak ibu selalu sayang dan cukup perhatian dengan kita. Mereka selalu berusaha dengan sekuat tenaga untuk tepat waktu mengirimi uang lewat rekening, atau bahkan beberapa orang tua terkadang menjenguk anak-anak mereka di kost-kostan meski hanya sekedar untuk melepas rindu saja.

Namun, pernahkah kita berfikir bahwa sebenarnya mereka begitu berat berada jauh dari anaknya. Meski nampaknya, mereka begitu kuat, tegar, dan ikhlas. Tapi percayalah bahwa sebenarnya mereka sangat tidak ingin melihat anaknya pergi jauh, untuk waktu yang lama. Setiap hari, setiap waktu, mereka selalu berdo’a untuk kita. Agar supaya anak-anaknya dimudahkan segala urusannya, dijauhkan dari segala marabahaya, terlindung dari pergaulan bebas, dan tentu banyak do’a-do’a baik lainnya yang selalu tergulir dari bibir mereka.

Kawan, sudahkah kita bersyukur? diberikan-Nya orang tua yang begitu hebat. Pernahkah kita berterimakasih pada mereka? atas semua support dan do’a yang tak pernah lalai mereka kirimkan khusus untuk kita.. mari renungkan sejenak..

Wahai kawan.. sudah seharusnya, kita sebagai anak untuk tidak hanya bisa membahagiakan orang tua, namun juga harus selalu memanjatkan doa’ untuk ayah ibu kita tercinta..

 klik disini untuk lebih jauh tentang birrul walidain..

~ Wallohu a’lam ~

Sitiran Qolbu

Rabb.. Segalanya Engkau..

Rabb.. Segalanya Engkau..

Rabb..

Malam  begitu dingin

Sebeku mulut ini ketika harus memujiMu

 

Sunyi begitu pilu

Semiris hati ini ketika harus mengabdi padaMu

 

Angin itu begitu lembut

Selemah jiwa ini saat harus memikirkanMu

Rabbi…

Bimbing aku..

Tuntun langkahku..

Jangan Kau biarkan aku menapak jalan yang salah

Menjejak tanah kerontang yang tak ada ujungnya

Menjadi pengikut orang-orang yang tak Kau ridhoi

 

Rabb..

Aku takut Kau pergi menjauh dariku

Karena………

Aku mencintai-Mu..